HOME ยป JAKARTA UTARA
JAKARTA UTARA
Selasa, 24 Mei 2016 , 19:18:00 WIB

Anak-anak Lebih Suka Main Game Online Daripada Baca

Laporan: Dody Pranowo





RMOL. Sekretaris Kota Jakarta Utara, Ahmad Ya'la mengaku prihatin dengan kondisi anak-anak saat ini yang lebih menyukai game online daripada membaca.

Sebab sejumlah perpustakaan yang ada justru sepi sementara arena bermain game online termasuk play station (PS) justru ramai. Padahal kunci kesuksesan seorang anak adalah dengan membaca.

"Membaca merupakan kunci kesuksesan seseorang, jika tidak banyak membaca maka akan tertutup informasi dunia," kata Ahmad Ya'la, saat membuka Hari Anak Jakarta Membaca (Hambaca), di Ruang Pola Kantor Perpustakaan dan Arsip, Kota Jakarta Utara, di Jalan Raya Pegangsaan Dua, Kelurahan Tugu Selatan, Koja, Selasa (24/5).

Itu sebabnya untuk terus mendorong minat baca anak-anak, Kantor Perpustakaan dan Arsip Jakarta Utara menggelar berbagai lomba yang berkaitan dengan membaca.

"Dengan melatih membaca sejak dini akan  bisa menumbuhkembangkan anak-anak usia sekolah, jangan sampai lebih senang dengan game online yang tidak mendidik, nantinya bisa merusak masa depan," katanya.

Sementara Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Jakarta Utara Bambang Chaidir mengatakan pihaknya menggelar berbagai lomba antara lain untuk pelajar SD membuat cover buku yang diikuti 71 siswa, lomba membuat komik khusus SMP dengan 50 peserta, lomba membuat resensi buku dan membuat blog diikuti 61 pelajar SMA.

"Kita libatkan para anak-anak untuk mampu mengembangkan kreativitasnya, termasuk mendongkrak daya bacanya," kata dia.

Sedang salah seorang peserta lomba membuat komik bernama Stufi (13), dari SMPN 114 Koja optimis mampu menjadi pemenang.

"Saya yakin bisa menang dan bisa mewakili Jakarta Utara dalam lomba di tingkat provinsi," tukasnya. [prs]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :