HOME ยป PERISTIWA
PERISTIWA
Selasa, 28 Juni 2016 , 17:16:00 WIB

Raperda Kawasan Tanpa Rokok Harus Akomodir Kepentingan Semua Elemen

Laporan: Widodo Bogiarto





RMOL.Pengamat Kebijakan Publik dan Pakar Tata Negara, Margarito Kamis mengharapkan, Raperda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang tengah digodok Badan Legislasi Daerah (Balegda) DPRD DKI Jakarta, bisa mengakomodir seluruh elemen, seperti masyarakat anti rokok, produsen rokok, serta elemen lainnya.

"Raperda yang disusun memang harus melihat kepentingan dari segi kesehatan pengguna atau yang terimbas. Tapi juga harus diperhatikan industri rokoknya," kata Margarito dalam acara diskusi bertajuk 'Efektifitas Rencana Penerapan Perda Kawasan Kawasan Tanpa Rokok di DKI Jakarta', Selasa (28/6).

Menurut Margarito, yang patut disoroti dalam Raperda KTR ini bisa berfungsi sebagai penyeimbang. Sehingga tidak hanya sebatas pelarangan dan pembatasan area merokok saja.

"Dalam hal ini aspek ekonomi harus tetap berjalan karena ada unsur dari segi produsen. Juga dalam segi sumber manusia petani tembakau harus bisa tetap bekerja," ujar Margarito.

Pasalnya, secara tidak langsung dengan Raperda KTR akan mengurangi produksi rokok itu sendiri. Artinya, petani tembakau pun terancam mata pencahariannya. [dka]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :