HOME ยป NASIONAL
NASIONAL
Kamis, 16 April 2015 , 19:56:00 WIB

DPD RI Asal Bali Dukung Revitalisasi Tanjung Benoa

Laporan: Andhika Tirta Saputra





RMOL. Anggota DPD RI Asal Bali, I Kadek Arimbawa mendukung, rencana revitalisasi Tanjung Benoa Bali. Pasalnya, langkah revitalisasi dengan cara mereklamasi Tanjung Benoa sangat memberikan manfaat bagi masyarakat Bali.

Apalagi menurutnya, kondisi lingkungan disana sangat memprihatinkan dengan banyaknya sampah dan matinya tanaman Mangrove.
 
"Revitalisasi dapat dilakukan dengan membangun objek wisata baru berkelas internasional dan memperbaiki lingkungan sekitar sehingga bisa menarik dan meningkatkan jumlah wisatawan yang berlibur ke Pulau Dewa, daan ini sangat positif bagi Bali," kata Kadek Arimbawa saat berbincang dengan RMOLJakarta, usai RDP di Gedung DPD, Kamis (16/4).

Kadek Arimbawa menyatakan, sejauh ini berdasar kajian dari Investor PT TWBI, yang melibatkan para pakar, revitalisasi ini juga baik menyerap tenaga kerja.

"Saya hanya melihat berdasar kajian dan fakta saja, sejauh ini Revitalisasi Tanjung Benoa sangat bagus dan mampu menyerap 200 ribu tenaga kerja sehingga tak perlu keluar Bali," katanya.

Sementara, Ketua Badan Independen Pemantau Pembangunan dan Lingkungan Hidup Bali, Komang Gede Subudi menjelaskan, menilai banyak hal positif bila revitalisasi Tanjung Benoa berhasil dilakukan.

Salah satunya, revitalisasi menjanjikan penyerapan lapangan kerja yang besar bagi masyarakat Bali. Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga akan bertambah besar yang akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan rakyat Bali.

"Apalagi yang harus dikhawatirkan kalau revitalisasi yang akan dilakukan itu berbasis lingkungan. Misalnya sistem Subak diberlakukan dalam tata kelola air di Tanjung Benoa. Konsep ini terlihat dalam maket, atas rekomendasi kita. Ini seperti yang kita harapkan, dan kehendaki bahwa pembangunan harus berwawasan lingkungan serta membantu menyerap tenaga kerja,"  imbuh Subudi. [prs]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :