Jum'at, 28 Oktober 2016 , 19:48:00 WIB

Parah! Sampah Bantargebang Longsor

Laporan: Widodo Bogiarto



RMOL. Akibat pembuangan sampah yang asal-asalan, tumpukan sampah di salah satu titik TPST Bantargebang, Kota Bekasi, mengalami longsor parah. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Zulkifli (32), salah seorang warga sekitar TPST Bantargebang mengatakan, longsornya sampah yang terjadi tiba-tiba itu berlangsung sekitar pukul 14.00 WIB.

"Tumpukan sampahnya sudah terlalu tinggi, tetapi tetap dipaksakan dibuang di tempat yang sama. Jadi sampahnya longsor," kata Zulkifli, Jumat (28/10).

Secara terpisah, Pengamat Kebijakan Publik Budgeting Metropolitan Watch (BMW) Amir Hamzah mengaku tidak terkejut dengan peristiwa sampah longsor di Bantargebang. Sebab setelah TPST dikelola Dinas Kebersihan DKI Jakarta, kondisinya justru jadi amburadul.

"Mungkin sopir-sopir truk pengangkut sampah sudah kelelahan karena harus antre sampai 12 jam. Jadi mereka asal buang sampah saja tanpa memperhitungkan resikonya," terang Amir.

Amir menuturkan, hal itu diperparah dengan kinerja operator eskavator yang tidak profesional. Belum lagi minimnya ketersediaan alat berat.

Amir juga menilai ketinggian tumpukan sampah di TPST Bantargebang sudah tidak ideal lagi dan rawan longsor.

Menurut Amir, kondisi itu memang rawan terjadi longsor, bahkan memakan korban jiwa bagi pemulung atau warga yang tertimbun longsoran sampah. [ipk]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :