HOME ยป POLHUKAM
POLHUKAM
Senin, 31 Oktober 2016 , 12:33:00 WIB

Jokowi-Prabowo Bahas Skenario Jegal SBY?

Laporan: Saeful Anwar





RMOL. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemui Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor. Ditengarai keduanya membicarakan kontestasi Pilkada DKI 2017.

"Apalagi yang dibicarakan, kalau bukan soal suksesi DKI 1. Prabowo berkepentingan Anies menang, sementara sudah rahasia umum Jokowi menyokong Ahok. Ada kepentingan yang sama diantara Jokowi dan Prabowo, bagaimana mengalahkan Agus. Ketemu deh, hehe," kata Direktur Megapolitian Strategis Indonesia, Ade Adriansyah Utama dalam perbincangan dengan redaksi sesaat lalu, Senin (31/10).

Dikatakan dia, sejak awal atmosfer Pilgub DKI 2017 seperti pemilihan presiden. Tokoh-tokoh politik besar turun langsung menangani kandidat yang akan diusung. Selain disokong Jokowi, koalisi partai pendukung Ahok dibekingi sosok tokoh politik besar Megawati Soekarnoputri. Sementara kubu Agus dikomandoi SBY dan kubu ketiga, koalisi Gerindra-PKS, dimotori oleh Prabowo.

"Kepentingannya kan untuk Pilpres 2019 juga. Jadi bagaimana mereka harus menang di DKI," katanya.  

Dia menambahkan, hasil survei lembaga-lembaga polster menyebutkan Pilgub DKI akan berlangsung dua putaran. Nah, sangat mungkin pertemuan Hambalang digelar untuk menskenariokan Anies dan Ahok lolos putaran dua.

"Setelah itu urusannya lain lagi. Bukan tidak mungkin juga diskenariokan Ahok menang putaran dua lawan Anies, bagaimanapun ceritanya. Tapi yang diwaspadai mereka sekarang adalah manuver SBY," sambung Ade Adriansyah.

Paling tidak, kata dia, langkah Jokowi mempersoalkan penanganan kasus tewasnya Munir di era SBY berkuasa menjadi salah indikasi. Menurut Ade, hal ini bisa dipahami sebagai serangan Jokowi dalam rangka mematikan langkah SBY untuk memuluskan Agus menduduki kursi DKI 1.

"Perangnya sudah terbuka kok. Agus itu representasi SBY, sehingga yang harus dihadapi SBY, bukan Agusnya. Apalagi belakangan, sosok SBY dianggap kubu sebelah berada di belakang demonstrasi menuntut penuntasan kasus penistaan agama yang dilakukan Ahok," tukasnya.[dem]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :