Senin, 23 Januari 2017 , 17:17:00 WIB

Dongkrak Kinerja, Plt Gubernur Persingkat Kontrak Kerja PHL

Laporan: Widodo Bogiarto





RMOL. Plt Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono (Soni) mengeluarkan kebijakan baru untuk meningkatkan semangat kerja para Pegawai Harian Lepas (PHL). Masa kontrak kerja PHL akan diperpendek menjadi per tiga bulan.

"Para PHL tidak perlu resah karena yang rajin bekerja dijamin akan selalu diperpanjang kontrak kerjanya," kata Soni di Balaikota (Senin, 23/1).

Soni menilai, masa kontrak PHL setahun terlalu lama, sehingga setelah menandatangani surat kontrak kerja pada awal Januari, banyak PHL yang malas kerja.

"Mereka malas bekerja karena yakin tidak akan kena PHK mengingat masa kontraknya habis pada akhir Desember. Jadi, lebih baik perjanjian kontrak direvisi menjadi empat kali dalam setahun," ujar Soni.

Bagi PHL yang tidak memenuhi kriteria kerja, misalnya malas, sering mengantuk, jarang masuk, mengaku sering sakit-sakitan, maka Pemprov DKI dengan mudah memutus perjanjian kontrak.

Pada saat itu pula Pemprov DKI bisa dengan mudah merekrut PHL baru.

"Peminat terhadap pekerjaan PHL sangat banyak, pada ngantre untuk direkrut sebagai PPSU, PHL Badan Air, PKWT Dishub, dan lainnya," kata Soni.

Soni mengakui bahwa evaluasi kontrak kerja per tiga bulan ini akan membuat resah para PHL. Namun dia menjamin bahwa PHL yang rajin, pasti akan diperpanjang terus.

Adapun jumlah PHL di jajaran Pemprov DKI totalnya sekitar 35 ribu orang. [awr]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :