HOME ยป RAGAM
RAGAM
Jum'at, 14 Juli 2017 , 16:12:00 WIB

Alumni 212 Sebut Hary Tanoe Korban Kezaliman Penguasa

Laporan: Fahri Haidar





RMOL. Presidium Alumni 212 kembali mengadukan sejumlah kasus kepada Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Salah satunya, perihal dugaan kriminalisasi terhadap Bos MNC Group, yang juga Ketua Umum (Ketum) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo (HT).

Ustaz Ansufri Idrus Sambo, selaku Ketua Presidium Alumni 212 menjelaskan, pihaknya membuat aduan terkait HT karena adanya permintaan dari rekan seperjuangan mereka.

"Kebetulan ada yang kasih tahu kita, bilang ke kita, 'Tolong dong Hary Tanoesoedibjo dibantu, kan dia banyak bantu berita kita juga'. Ada yang sampaikan ke saya. Ya sudah, nanti kita bantu," kata Sambo di kantor Komnas HAM, Jalan Laturharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (14/7).

Dirinya berpandangan jika proses hukum terhadap HT tidak memenuhi unsur. Kemudian, ada dugaan proses hukum ke HT sebagai bentuk balas dendam politik atas kekalahan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam Pilgub DKI.

"Jadi ini bagian dari balas dendam politik kekalahan Ahok, itu saja. Nah itupun karena ada orang yang sampaikan ke saya," kata dia.

Pengakuan Sambo, laporan yang dibuat pihaknya ke Komnas HAM soal HT ini murni sebagai bentuk solidaritas, tanpa ada maksud tersembunyi ataupun kegiatan politik yang dijalankan oleh HT.

"Ini sebenernya bentuk solidaritas saja, enggak ada hubungan sama kegiatan politik HT. Kita bukan mendukung politik dia," kata Sambo.

Presidium Alumni 212, yang umumnya di isi Umat Islam tidak pandang etnis atau agama tertentu dalam membela seseorang, apalagi dalam memperjuangkan kebenaran.

Jika seseorang dizalimi, kata dia, maka presidium Alumni 212 akan membelanya. Namun dalam masalah HT ini, kata dia, pembelaan yang dilakukan pihaknya hanya sebatas membuat aduan ke Komnas HAM.

"Kita tidak milah orang. Siapapun orang yang dizalimi penguasa, kita akan bela. Andapun (wartawan) kalau dizalimi akan kita bela," tukasnya. [ipk]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :