HOME ยป HUKUM
HUKUM
Selasa, 12 September 2017 , 16:47:00 WIB

Kasus Sumber Waras Ternyata Masih Tahap Penyelidikan







RMOL. Kasus dugaan korupsi pembelian lahan RS Sumber Waras oleh Pemprov DKI naik ke tingkat penyelidikan. Laporan hasil pemeriksaan BPK menemukan indikasi kerugian daerah Rp 119 miliar dalam pembelian lahan senilai hampir Rp 1 triliun tersebut.

"Untuk kasus Sumber Waras untuk saat ini sudah tahap penyelidikan," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (12/9).

Untuk naik ke tahap penyelidikan dimana sekaligus ada tersangka yang ditetapkan, kata Alexander, perlu dilakukan ekspose terlebih dahulu. Namun hingga saat ini, kata dia, ekspose belum juga dilakukan.

"Tim penyelidik belum melakukan ekspose masih perlu telaah lebih dalam agar unsur kerugian negaranya jelas," kilah dia.

Meski begitu Alexander memastikan laporan baik dari masyarakat dan laporan dari BPK tentang kasus Sumber Waras sudah diterima KPK.

Kasus pembelian lahan RS Sumber Waras sempat ramai dibicarakan publik karena diduga melibatkan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). BPK meminta Pemprov DKI Jakarta untuk mengembalikan Rp 191 miliar terkait pembelian lahan RS Sumber Waras, tahun 2014.

Namun di sisi lain, Pemprov DKI yakin tidak ada kesalahan dalam pembelian lahan tersebut. Beberapa elemen masyarakat pun melaporkan kasus ini melalui Divisi Pengaduan Masyarakat KPK.ade]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :