HOME ยป RAGAM
RAGAM
Kamis, 19 Oktober 2017 , 16:09:00 WIB

BPJS Kesehatan Berupaya Meningkatkan Pelayanan bagi Peserta

Laporan: Hadi Wijaya





RMOL. Total peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk seluruh segmen di seluruh lndonesia hingga 11 Agustus 2017 adalah 180. 290.638 jiwa.

"Kami akan terus berusaha untuk mencapai UHC (Universal Health Coverage) sesuai dengan visi dan misi BPJS Kesehatan," tutur Kepala BPJS Kesehatan Cabang Grogol, Jakarta Barat, dr. Eddy Sulistijanto Hadie saat acara Media Gathering di RS Sumber Waras, Grogol, Jakarta Barat Rabu (19/10).

Eddy menjelaskan, pihaknya juga telah menyediakan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama bagi para peserta yang terdaftar.

"Saat ini, total FKTP yang tersedia adalah 20.990 dengan rasio 1:8.589. Kemudian, rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan adalah 2 206 dengan rasio 1:81.727 jiwa," jelasnya.

Eddy berharap, kerjasama antara pihak rumah sakit dan FKTP bisa menyusul dengan penandatanganan MoU dengan BPJS Kesehatan.

"Untuk rumah sakit maupun FKTP yang belum bekerja sama dapat segera bekerja sama untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi para peserta program JKN," imbuhnya.

Selain itu dr Eddy membeberkan agar lebih dekat dengan para peserta, BPJS Kesehatan menambah jumlah point of service yang dapat memudahkan peserta melakukan pendaftaran, perubahan data dan pelayanan informasi.

"Untuk para calon peserta BJS Kesehatan bisa datang ke kantor kelurahan. Atau bisa langsung menghubungi pusat pelayanan di call center. Bisa juga dengan mendownload aplikasi mobile JKN di perangkat Ios ataupun di google playstore," bebernya.

Bukan hanya itu saja, channel pembayaran dapat dilakukan melalui atm, teller, internet bangking, autodebet, maupun Channel PPOB yang sudah semakin meluas jangkauannya.

"Jadi, para peserta dapat melakukan pembayaraniuran bisa melalui Bank Mandiri, BTN, BRI dan BNI, bisa juga melalui gerai yang sudah bekerjasama dengan BPJS kesehatan. Kita juga sudah menyebar kader IKN untuk menjalankan fungsi pemberian informasi, pendaftaran PBPU dan penagihan iuran PBPU" terang Eddy.[dem]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :