HOME ยป RAGAM
RAGAM
Kamis, 02 November 2017 , 19:33:00 WIB

Sandiaga Siapkan Solusi Temporer Penataan Tanah Abang

Laporan: Lopi Kasim





RMOL. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menata kawasan Tanah Abang dengan melakukan terobosan dan inovasi yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

"Kami akan terus lakukan persiapan, saya akan lapor gubernur hari Jumat (3/11), apabila disetujui akan kami umumkan besok, penataan yang merupakan 'breakthrough' inovasi dan juga melibatkan seluruh stake holder," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (2/11).

Pihaknya, kata Sandiaga, telah menggelar rapat pemantapan dan persiapan penataan kawasan Tanah Abang yang dihadiri seluruh unsur dipimpin Walikota Jakarta Pusat.

"Kami harapkan ini bukan solusi permanen, tapi temporer. Karena ujungnya kita sudah tahu bahwa ke depan pengembangan Tanah Abang harus berbasis TOD. Tapi menuju ke sananya ini kita harus punya strategi jangka pendek dan menengah," kata Sandiaga.

Penataan ini, menurut Sandiaga, sesuatu yang pasti akan menimbulkan ketidaknyamanan, akan ada reaksi masyarakat yang luar biasa.

"Bukan asal mengulangi pendekatan sebelumnya yang represif, mengusir PKL, Dishub yang mencabut pentil yang selama ini tidak terbukti efisien dan efektif untuk menghadirkan sebuah penataan yang berkelanjutan," kata Sandiaga.

Dirinya, tambah Sandiaga, akan mengumumkan penataan satu dua hari ke depan. Seluruh pihak pun diminta tidak mengedepankan ego sektoral dalam penataan.

"PT KAI mesti ngomong sama PD Pasar Jaya, semua instansi dilibatkan dan dipastikan bahwa ke depan ini kemajuan bersama. Ini bukan AD HOC, sebagai bagian dari sebuah gambaran luas bahwa Tanah Abang jantung perdagangan kita yang dampaknya bisa dirasakan se-Asia Tenggara," kata Sandiaga.

Penataan, tambah politisi Gerindra itu, akan dilakukan berbasis data, di mana selama ini dikatakan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang membuat macet tapi dibuktikan tapi pembangunan jalan juga menjadi salah satu penyebab kemacetan tersebut. [mla]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :