HOME ยป PERISTIWA
PERISTIWA
Rabu, 08 November 2017 , 13:08:00 WIB

Sandi Kecewa Jalur Busway Belum Steril

Laporan: Widodo Bogiarto





RMOL.Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengaku kecewa karena jalur busway belum sepenuhnya steril dari kendaraan bermotor lain. Masih terdapat kendaraan yang nekat menggunakan jalur busway untuk menembus kepadatan lalu lintas. Hal ini terlihat dari hasil operasi Zebra dalam sepekan ini.

"Jalur busway harus steril dan itu harus ditindak tegas kalau ada pelanggar," kata Sandi di Balaikota, Rabu (8/11).

Politisi Partai Gerindra itu menilai untuk sterilisasi jalur busway, langkah yang harus diambil agar tidak terulang terus menerus adalah dengan mencari akar permasalahan.

Menurut Sandi, sterilisasi jalur dapat dilakukan dengan mendorong warga untuk beralih kepada transportasi umum. Karena itu, lanjutnya, pembangunan infrastruktur transportasi umum harus sesuai target waktu penyelesaian.

"Akar permasalahannya itu harus kita selesaikan dan kalau nggak akan berulang terus. Jadi kita pastikan bahwa masalah transportasi umum khususnya yang sekarang dibangun di Jakarta tidak tertunda. Transisi tranformasi dari pengguna kendaraan pribadi, pengguna transportasi massal ini bisa segera dilakukan dengan pola gerakan," terang Sandi.

Diketahui sepekan menggelar Operasi Zebra 2017 Ditlantas Polda Metro Jaya menjaring 72.828 kendaraan dengan rincian 66.207 kendaraan ditilang dan 6.621 hanya mendapat teguran.

Dari puluhan ribu kendaraan yang terjaring razia Operasi Zebra 2017, pelanggar terbanyak adalah pengemudi kendaraan roda dua atau sepeda motor dengan jumlah 44.468 kendaraan dengan terbanyak pelanggarannya adalah melawan arus sebanyak 9.007.

Kemudian melanggar rambu berhenti atau parkir 7.318, dan melanggar Marka berhenti 6.800 sisanya melanggar surat-surat dan rambu lalu lintas lainnya termasuk menerobos jalur busway. [zul]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :