HOME ยป NASIONAL
NASIONAL
Kamis, 09 November 2017 , 08:10:00 WIB

Demi Cegah Paham Radikal Pada Pelajar, Guru Perlu Pahami Islam Moderat







RMOL. Pendidikan Indonesia tengah dihantui adanya gerakan kelompok tertentu yang ingin memasukkan paham-paham radikal pada pelajar.

"Kita sedang berkompetisi dengan kelompok tertentu yang ingin melakukan penetrasi ke dalam dunia pendidikan untuk memasukkan ideologi transnasional maupun ideologi radikal," kata Dirjen Pendidikan Islam Kemeterian Agama, Kamaruddin Amin dalam dialog dan rilis survei "Api Dalam Sekam Keberagaman Gen Z" di Hotel Le Meridien, Jakarta pekan ini.

Kamaruddin menyebut bahwa saat ini Kemenag tengah melakukan upaya antsipatif dengan memberikan pelatihan pada guru dan pengawas terkait pentingnya pemahaman Islam Moderat.

"Misalnya kita lakukan training kepada 10 ribu guru dan pengawas untuk mengarus utamakan pemahaman moderat sebagai antitesis dari pemahaman radikal yang dipaksakan masuk pada pendidikan kita," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, Kemenag juga membentuk unit kegiatan kajian moderasi agama untuk mahasiswa di perguruan tinggi agama Islam seluruh Indonesia.

"Di perguruan tinggi kita terapkan moderasi agama melalui pusat kajian moderasi agama Islam untuk mengantisipasi proses radikalisasi," tukasnya. [kiflan/mel}





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :