HOME ยป PERISTIWA
PERISTIWA
Jum'at, 10 November 2017 , 17:19:00 WIB

Rakernas Ikatan Elektromedis Indonesia Diikuti 33 Provinsi







RMOL. Mungkin tak banyak orang mengetahui keberadaan bidang teknik elektromedis dalam sektor pelayanan kesehatan yang biasa dinikmati masyarakat.

Teknik elektromedis adalah rumpun tenaga kesehatan yang memilliki ciri khas tersendiri, yakni satu-satunya tenaga kesehatan yang berbasis di bidang keteknikan. Para tenaga profesional ini berkumpul dalam wadah Ikatan Elektromedis Indonesia (IKATEMI) yang baru saja menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Bogor, Jawa Barat.

"Hanya kami tenaga kesehatan yang tidak bertatap muka dengan pasien, tetapi yang kami hadapi adalah alat-alat kesehatan," kata Ketua Panitia Rakernas dan Workshop Nasional IKATEMI 2017, Muhammad Subchansyah, dalam keterangan persnya, Jumat (10/11).

Ketua Umum IKATEMI, Agus Komarudin, menjelaskan, Rakernas yang diselenggarakan selama tiga hari diikuti oleh 123 peserta dari 33 provinsi. Mereka terdiri dari Dewan Pengurus Pusat (DPP), Dewan Pengurus Daerah (DPD), dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) serta asosiasi pendidikan tinggi teknik elektromedis.

"Dari seluruh perwakilan di tanah air hanya satu yang tidak hadir yaitu Papua," tambah Agus.

Rakernas bertema "Kemandirian Berkualitas, Akuntabel dan Berkarakter" ini diklaim berlangsung dengan sukses. Menurut dia, keberhasilan ini tak lepas dari semangat dan kerja keras yang dilakukan pengurus dan panitia Rakernas IKATEMI sendiri.

Muhammad Subchansyah menambahkan, peran teknik elektomedis adalah mulai dari perencanaan, pengadaan, uji fungsi, pengelola dan pemeliharaan.

"Ketika mengelola dan memelihara ada kerusakan, kami melakukan perbaikan. Bila live time sudah habis maka kami melakukan pengkajian apakah alat ini masih bisa digunakan atau tidak, sampai terakhir nanti penghapusan," jelas Subchansyah.

Rakernas dan workshop IKATEMI akan rutin diselenggarakan untuk menyatukan langkah dan pemikiran mewujudkan masyarakat sehat sejahtera, adil dan makmur. IKATEMI sebagai wadah para elektromedis pun menjalin hubungan kemitraan dengan berbagai pihak dalam rangka mencapai tujuan itu.

IKATEMI juga bercita-cita meningkatkan mutu pelayanan dan kompentensi profesi elektromedis Indonesia dengan berusaha mengembangkan pendidikan teknis elektromedis di Indonesia. Tujuannya adalah menghasilkan suatu rumusan rencana strategis pengembangan pendidikan berkelanjutan serta peningkatan pelayanan profesional elektromedis di masa depan. [Aldi/ald]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :