HOME ยป NUSANTARA
NUSANTARA
Sabtu, 11 November 2017 , 15:13:00 WIB

Cagub Bali Dari PDIP Tolak Reklamasi Teluk Benoa Jika..







RMOL. Setelah ditetapkan sebagai Calon Gubernur Bali oleh PDIP, I Wayan Coster berjanji akan menghentikan reklamasi Teluk Benoa Bali, jika hal tersebut bertentangan dengan keseimbangan alam.

"Segala sesuatu yang tidak sinkron dengan keseimbangan alam, ini tentu kita tidak bisa paksakan untuk dilaksanakan," kata Wayan usai acara penetapan Cagub-Cawagub Bali di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Sabtu (11/11).

Meski demikian, Wayan tidak secara gamblang dan tegas mengatakan menolak reklamasi yang dikhawtirkan bakal membuat proses sedimentasi atau pendangkalan berlangsung semakin cepat sehingga dapat mematikan polip karang dan merusak terumbu karang di kawasan sekitarnya.

"Tentu kami akan melihat secara keselurhan, kami dalam visi misi kami adalah, bahwa alam Bali itu dengan lingkunganya harus dikelola sacara arif," sebut anggota DPR RI ini.

Pada intinya, lanjut Wayan, jika reklamasi Teluk Benoa bertentangan dengan konsep agama Hindu yaitu "Tri Hita Karana", maka akan dihentikan.

Tri Hita Karana yakni hubungan yang serasi dan harmonis antara manusia dengan sang pencipta dan antara manusia dengan manusia dan antara manusia dengan alam lingkungannya.

"Kalau secara alam ini memang tidak cocok, tentu kami tidak akan melaksanakan itu," pungas Wayan.

PDIP menetapkan I Wayan Koster dan Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) sebagai cagub dan cawagub pada Pilkada Bali 2018. [Idham/rus]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :