HOME ยป JAKARTA BARAT
JAKARTA BARAT
Selasa, 14 November 2017 , 09:09:00 WIB

Tambah Penghasilan, Ada Bank Sampah Di Terminal Kalideres

Laporan: Hadi Wijaya





RMOL. Kepala Terminal Kalideres bus Antar Kota Antar Provinsi, Revi Zulkarnain mengajak segenap komponen yang ada di dalam Terminal Kalideres, Jakarta Barat, untuk andil mengurangi volume sampah.

"Memang selama ini sampah terminal yang dibuang ke Bantar Gebang mencapai seratus persen. Makanya saya mengajak baik dari petugas Dishub, cleaning service serta para pedagang di dalam terminal dapat memilah sampah, supaya volume sampah dapat berkurang," kata dia saat ditemui di Terminal Kalideres, Selasa (14/11).

Revi mengatakan, langkah ini juga bisa menambah penghasilan bagi para karyawan, cleaning service serta para pedagang yang ada di terminal.

"Sampah di terminal ini kebanyakan non organik, seperti botol dan gelas air mineral. Jadi gimana supaya menambah penghasilan, yaitu dengan mengumpulkan bekas sampah non organik. Yang dapat ditukar dengan uang melalui bank sampah yang ada di terminal," tuturnya.

Sampah-sampah non organik yang disetor ke bank sampah tentunya akan didata terlebih dahulu. Para penyetornya akan tercatat sebagai nasabah bank sampah.

"Jadi nanti, mereka mendapat buku tabungan dari Bank BNI, kemudian pembayaran sampah non-organik akan dibayarkan langsung. Tapi dalam bentuk tabungan. Nah uangnya langsung ditransfer ke dalam rekening nasabah. Saya juga sudah jadi nasabah bank sampah, kan lumayan buat tambahan penghasilan," jelas Revi.

Revi menambahkan, pembangunan bank sampah ini sejak awal Oktober 2017. Sesuai intruksi Walikota Jakarta Barat bahwa permasalahan sampah di Terminal Kalideres yang akan dibuang ke Bantar Gebang dapat diminimalisir.[wid]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :