HOME ยป JAKARTA
JAKARTA
Kamis, 16 November 2017 , 20:50:00 WIB

Anies-Sandi Didorong Kembangkan Konsep Ekowisata

Laporan: Widodo Bogiarto





RMOL. Pemimpin baru ibukota, Anies Baswedan-Sandiaga Uno diharapkan mengembangkan pariwisata Jakarta dengan mengembangkan konsep ekoswisata.

Demikian dikatakan Ketua Jakarta Loyalis (Jlo) Aziz Kurniawan dalam diskusi bertajuk "Peluang dan Langkah Strategis Industri Pariwisata di Era Baru Kepemimpinan DKI Jakarta" di sebuah hotel di Jagakarsa, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Ekowisata atau ekotourisme merupakan salah satu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat, lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan.

"Konsep ekowisata di Kota Jakarta yang memadukan kelestarian lingkungan dengan pariwisata," kata Aziz.

Sementara itu pembicara lainnya, Direktur Eksekutif Jakarta Monitoring Network (JMN), Ahmad Sulhy mengapresiasi kebijakan Anies-Sandi yang mencoret pengajuan penyertaan modal daerah (PMD) untuk PT Jakarta Tourisindo (Jaktour) dalam APBD 2018.

Pasalnya, BUMD tersebut belum melakukan audit secara menyeluruh terkait meruginya puluhan miliar rupiah di tahun 2017.

"Wajar kalau sanksi keras diberikan kepada direksi dan komisaris Jaktour dengan tidak diberikannya PMD," ujar Sulhy.

Sulhy juga menyoroti minimnya SDM Jaktour yang bersertifikasi pariwisata. Dari 800 karyawannya baru 200 orang yang tercatat bersertifikasi.

"Karena itu JMN akan segera menyampaikan rekomendasi resmi tentang hasil evaluasi kinerja Jaktour dan BUMD DKI lainnya yang dianggap wajib diberikan rapor merah kepada Anies-Sandi," pungkas Sulhy.[mla]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :