HOME ยป SOSIAL
SOSIAL
Jum'at, 17 November 2017 , 22:54:00 WIB

Trend Muzaki Dari Kalangan Eksekutif Muda Terus Meningkat

Laporan: Zulfahmi Jamba





RMOL. Beberapa tahun belakangan ini, trend pemberi zakat (muzaki) dari kalangan eksekutif muda terus meningkat. Hal ini diungkapkan Direktur Utama Inisiatif Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Zakat Indonesia (IZI), Wildhan Dewayana di sela-sela peringatan Milad IZI yang ke-2 di Gelanggang Olahraga Bulungan, Blok M, Jakarta Selatan, Jumat (17/11) malam.

"Berdasarkan data yang kami miliki, pertumbuhan muzaki dari kalangan eksekutif muda terus meningkat. Bahkan di IZI, donatur dan pemberi zakat terbesar berasal dari kalangan eksekutif muda. Trend serupa sepertinya juga terjadi dilembaga amil zakat lainnya," katanya.

Menurut Wildhan, 45 persen dari donatur dan pemberi zakat ke IZI berasal dari kalangan eksekutf muda dengan level jabatan dari supervisor sampai manager. Sisanya berasal dari perusahaan-perusahaan, lembaga, serta perkumpulan-perkumpulan sepertii majelis taklim, dan kelompok sosial.

"Mayoritas donatur dan penyalur zakat di IZI berasal dari kalangan midle class (kelas menengah), dengan profesi supervisor sampai manager. Ada juga dari kalangan COE tapi tidak banyak. 60 persen diantaranya menyalurkan secara perorangan," ungkap Wildhan.

Terus meningkatnya muzaki dan donatur dari kalangan midle class, terang Wildhan, juga ditunjang oleh semakin gencarnya sosialisasi melalui dunia maya (medsos dan media online) yang dilakukan oleh lembaga-lembaga amil zakat.

"Beberapa tahun belakangan ini para lembaga amil zakat mulai gencar melakuan sosialisasi dan edukasi mengenai zakat melalui dunia maya. Mungkin ini yang menyebabkan semakin meningkatnya kesadaran para muzaki," papar Wildhan.

Tak hanya itu, Laznas juga semakin memudahkan para muzaki untuk menyalurkan zakat ataupun sedekah mereka. Diantaranya adalah melalui program jemput zakat dan zakat online.

"Di IZI, kini para muzaki dapat menyalurkan zakat mereka secara online, melalui aplikasi zakatpedia.com," terangnya.

Sementara terkait sumbangan dan  dana zakat yang berhasil dikumpulkan IZI tahun ini, lanjut dia, sudah mencapai 64 mliar. Raihan tersebut tergolong tinggi, mengingat usia IZI yang saat ini relatif masih muda.

"Targetnya tahun ini 67 miliar. Sedangkan tahun lalu kita berhasil mengumpulkan 52 miliar," tandas Wildhan. [zul]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :