HOME ยป JAKARTA
JAKARTA
Senin, 20 November 2017 , 20:17:00 WIB

Anggaran Pengadaan Lahan DKI Melonjak Drastis

Laporan: Widodo Bogiarto





RMOL. Untuk merealisasikan perumahan murah untuk rakyat, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta memperoleh kucuran anggaran berlipat-lipat.

Tahun depan, Pemprov DKI Jakarta mengalokasikan pembelian lahan sebesar Rp 799.993.172.215. Hal ini tercatat dalam situs web apbd.jakarta.go.id.

Nilai ini naik berlipat ganda saat anggaran tersebut masih dalam pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) sebelum dibahas bersama DPRD. Saat itu pengadaan tanah perumahan rakyat dan kawasan permukiman hanya Rp 99.928.243.570.

Dalam situs web resmi milik Pemprov tersebut, tidak dijelaskan secara detail penggunaan dana Rp 799 miliar. Di laman tersebut hanya disebutkan anggaran untuk program penyediaan dan pemeliharaan perumahan rakyat.

Saat dikonfirmasi terkait anggaran Rp 799 miliar, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno hanya menyebut penggunaan dilakukan untuk pembebasan lahan terkait program pengendalian banjir dan pengadaan ruang terbuka.

"Pembebasan lahan itu berkaitan dengan program-program pengendalian banjir, program-program pengadaan ruang terbuka dan ini yang kita dorong," kata Sandiaga usai rapat paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (20/11).

Padahal, program pengadaan lahan untuk ruang terbuka hijau merupakan kewenangan Dinas Kehutanan. Saat ditelusuri, dalam situs apbd.jakarta.go.id, Dinas Kehutanan telah menganggarkan Rp 1.000.000.000.000 untuk pengadaan tanah ruang terbuka hijau taman di wilayah DKI Jakarta.[mla]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :