HOME ยป RAGAM
RAGAM
Selasa, 21 November 2017 , 19:15:00 WIB

Menwa Jayakarta Gembleng Anggota Sigap Tangani Bencana

Laporan: Widodo Bogiarto





RMOL. Resimen Mahasiswa (Menwa) Jayakarta kembali menggelar pendidikan dasar (Diksar). Kegiatan ini dilaksanakan di Depo Pendidikan Latihan dan Pertempuran Resimen Induk Kodam Jaya (Dodiklatpur Rindam Jaya) Gunung Bunder, Bogor, Jawa Barat, mulai hari ini, Selasa (21/11).

Komandan Menwa Jayakarta, Raden Umar mengatakan, Diksar Menwa Jayakarta ini merupakan kegiatan yang digelar setiap tahun dalam rangka proses kaderisasi anggota Menwa Jayakarta yang diikuti oleh seluruh perguruan tinggi di ibukota.

Kali ini Diksar Menwa Jayakarta diikuti oleh 228 personel yang berasal dari 20 perguruan tinggi di DKI Jakarta.

Kegiatan Diksar Menwa Jayakarta ini dibuka Komandan Dodiklatpur Rindam Jaya, Letkol Inf Zamril Philiang, dan kegiatan juga didukung oleh Pengurus Komando Nasional (Konas) Menwa serta Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI).

Raden Umar menuturkan, kegiatan ini dilakukan untuk menyiapkan kader Menwa yang berada di perguruan tinggi untuk peduli terhadap kondisi bangsa dan menjadi garda terdepan dalam menjaga NKRI serta memiliki sikap-sikap patriot bela negara.

"Sebagai seorang cendekiawan merah putih di dalam perguruan tinggi, tentunya kader Menwa juga memiliki nilai-nilai keteladan yang bisa dijadikan contoh, serta secara teknis kader Menwa selalu siap siaga mampu terjun di berbagai daerah rawan musibah serta bencana, khususnya yang menimpa wilayah DKI Jakarta," kata Umar.

Umar yang juga aktif dalam sejumlah organisasi sosial di ibukota ini mengungkapkan, bahwa diklat ini secara khusus akan disiapkan untuk membantu Pemprov DKI dalam menanggulangi bencana.

"Apalagi mulai bulan ini telah dicanangkan Bulan Siaga Bencana oleh Gubernur DKI Jakarta, pada 18 November kemarin dalam acara apel siaga. Maka Menwa Jayakarta siap diberdayakan oleh Pemprov DKI Jakarta untuk membantu mengatasi bencana yang terjadi di Jakarta bersama dengan elemen lainnya," pungkas Umar. [mla]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :