HOME ยป HUKUM
HUKUM
Selasa, 21 November 2017 , 21:26:00 WIB

Penolakan Praperadilan Jonru Ginting Dinilai Sudah Benar

Laporan: Andhika Tirta Saputra





RMOL. Majelis hakim resmi menolak pengajuan praperadilan tersangka ujaran kebencian Jonru Ginting. Pihak pelapor, Muannas Alaidid pun mengapresiasi keputusan majelis hakim tersebut.

Sebagai pelapor, kata Muannas, pihaknya sangat yakin praperadilan yang diajukan Jonru sulit dikabulkan. Pasalnya, dari segi prosedur penangkapan, penahanan dan penyitaan serta alat bukti telah memenuhi standar bukti permulaan yang cukup menurut hukum.

"Penyidik pastinya sudah melakukan hal yang benar secara formil hukum acara
tinggal kita lihat bagaimana hasil nanti pengadilan dalam menguji materi perkara," kata Muannas, Selasa (21/11)

Pihaknya, kata Muannas, berharap setelah praperadilan ini ditolak, berkas perkaranya segera dilimpahkan atau P21 ke pengadilan.

"Masalah Jonru sudah saya serahkan melalui proses hukum yang ada, sekarang biarkan hukum bekerja untuk tentukan kesalahannya," kata Muannas.

Sidang praperadilan Jonru digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan. Hakim tunggal Lenny menolak seluruhnya permohonan gugatan yang diajukan pemohon.

Hadir dalam sidang itu 8 orang tim kuasa hukum Jonru dari Bang Japar. Sementara dari pihak termohon 1 hadir AKBP JR Sitinjak, Kompol Nengah U Tarigan dan AKP Budi Novianto sedangkan termohon 2 hadir Jaksa Iskandar. [mla]








BERITA LAINNYA

RUBRIK   :