HOME ยป EKONOMI
EKONOMI
Kamis, 23 November 2017 , 10:47:00 WIB

Audit Investigasi Seluruh BUMD!

Laporan: Widodo Bogiarto





RMOL. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno diharapkan mendorong Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk melakukan audit investigasi terhadap pengelolaan keuangan seluruh BUMD.

Audit investigasi pengelolaan keuangan itu penting dilakukan karena disinyalir BUMD mayoritas berkinerja buruk. Terutama BUMD yang kerap memperoleh kucuran penyertaan modal daerah (PMD).

"Audit pengelolaan keuangan penting dilakukan, karena didugs ada potensi terjadinya kerugian daerah," kata Ketua Lembaga Pemantau Penyimpangan Aparatur Daerah (LP2AD), Victor Irianto Napitupulu melalui siaran elektroniknya, Kamis (23/11).

Salah satu BUMD yang patut dilakukan audit investigasi, menurut Victor, adalah PT Pembangunan Jaya Ancol (PJA). Victor menduga, perusahaan pelat merah yang mengurusi pariwisata kawasan Ancol di Jakarta Utara itu sarat dengan kebobrokan.

"Kebobrokan itu mulai masalah penataan Ancol, aset dan peningkatan sarana dan prasarana bus Transjakarta di Ancol. Semua itu berlangsung sebelum era Jokowi," ujar Victor.

Hal lain yang harus menjadi perhatian adalah soal sewa lahan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur yang dikelola PT JIEP.

"Belum lagi soal carut marut pembangunan MRT (Mass Rapid Transit)," ucap Victor.

Di sisi lain, Victor juga mengaku sepakat dengan keputusan Anies-Sandi yang mencoret PMD untuk sejumlah BUMD.

"Bahkan PMD untuk Jakpro dan MRT dicoret juga. Apalagi MRT kan proyek nasional," pungkas Victor. [mla]







BERITA LAINNYA

RUBRIK   :