HOME ยป POLITIK
POLITIK
Kamis, 23 November 2017 , 16:07:00 WIB

PDIP Diminta Tidak Usung Cagub Bermasalah

Laporan: Lopi Kasim





RMOL. Puluhan pemuda yang tergabung dalam Koalisi untuk Demokrasi Berintegritas di Nusa Tenggara Timur (NTT) atau disebut Koalisi menggelar aksi demonstrasi di depan kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/11).

Aksi tersebut digelar agar partai berlambang banteng bermoncong putih tersebut tidak mengusung calon gubernur di NTT yang diduga bermasalah secara hukum dan moral.

"Kami mendengar salah satu nama yang akan diusung PDIP di Pilgub NTT adalah Marianus Sae. Jika ini benar, maka kami sangat menyayangkan. Karena Marianus adalah bupati yang diduga masih bermasalah secara hukum dan moral. PDIP seharusnya mengusung bacagub yang berintegritas, tidak boleh orang yang bermasalah secara hukum dan moral," ujar Paulus Gregorius Kune, perwakilan massa aksi, di DPP PDIP.

Sementara, Anggota Koalisi yang juga menjadi Koordinator Bidang Advokasi dan Hukum Formadda NTT Hendrikus Hali Atagoran meyakini, partai besutan Megawati Soekarnoputri itu akan selektif dalam memilih cagub NTT dengan mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk integritas.

Menurut Hali, aspek integritas ini tentunya terkait dengan ketaatan bacagub terhadap aturan dan tidak melakukan perbuatan asusila.

"Sebagai partai politik yang berkuasa di NTT dan Indonesia, PDIP harus berkontribusi nyata untuk melahirkan pemimpin daerah yang berkualitas dan berintegritas. Tidak memilih atau mengusung bacagub yang patut diduga bermasalah secara hukum dan moral, seperti Marianus Sae," tutur dia.

Sebagai partai politik, kata Hali, PDIP mempunyai tanggung jawab konstitusional dan moral untuk melahirkan pemimpin-pemimpin derah yang berkualitas, berintegritas, jujur, dan bersih. Harapannya, pemimpin-pemimpin daerah tersebut mampu membawa masyarakat kepada kesejahteraan.

"Hal ini tidak sesuai dengan semangat Nawacita dan revolusi mental yang diusung PDIP bersama Jokowi-JK di tingkat nasional," pungkas dia. [mla]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :