HOME ยป POLITIK
POLITIK
Kamis, 23 November 2017 , 18:04:00 WIB

Relawan Anies-Sandi Tuntut TGUPP Dibubarkan

Laporan: Widodo Bogiarto





RMOL. Mantan Presidium Relawan Pemenangan Anies-Sandi (Pras), Sugiyanto, menuntut Gubernur Anies Baswedan agar membubarkan Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP).

Pasalnya, TGUPP yang dibentuk pada awal pemerintahan Gubernur Jokowi  itu bukan hanya memboroskan anggaran, tapi juga hasil kerjanya nyaris tak nampak karena cenderung tumpang tindih dengan tugas asisten dan deputi yang berada di bawah gubernur dan sekretaris daerah.

"TGUPP itu awalnya sebenarnya dibentuk sebagai "penjara jiwa" bagi pejabat-pejabat yang potensial," kata Sugiyanto, Kamis (23/11).

Deretan pejabat yang "dibuang" ke TGUPP salah satunya adalah mantan Kepala Dinas Pendidikan Taufik Yudi Mulyanto.

"Saya berkali-kali ngobrol dengan pejabat di tim itu karena hampir semuanya saya kenal. Mereka mengeluh karena selama di TUGPP, mereka tidak dapat mengeluarkan skill-nya secara maksimal, tidak seperti ketika masih mengepalai sebuah SKPD. Mereka merasa terpenjara," ujar Sugiyanto.

Sugiyanto mengaku tak setuju jika Anies mempertahankan tim ini, karena dikhawatirkan di era pemerintahan Anies-Sandi sekarang ini, tim ini justru dimanfaatkan orang-orang di sekitar pasangan yang diusung Partai Gerindra dan PKS itu sebagai lahan untuk mencari tambahan penghasilan, atau sebagai ajang balas jasa karena dibantu dimenangkan saat Pilkada DKI 2017 lalu.

Sebelumnya, saat rapat Komisi C DPRD DKI Jakarta dengan BKD, Rabu (22/11), komisi yang menangani masalah keuangan ini juga mempertanyakan soal TGUPP yang jumlah personilnya mencapai 73 orang, dimana 45 orang di antaranya berasal dari unsur PNS.[dem]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :