HOME ยป RAGAM
RAGAM
Kamis, 23 November 2017 , 19:37:00 WIB

Empat Proyek Infrastruktur Bakal Urai Kemacetan Sepanjang Jalan Pekayon-Jatiasih







RMOL. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bekasi, Jawa Barat, tengah menggarap empat proyek infrastruktur di sepanjang Jalan Raya Pekayon-Jatiasih. Keempat proyek itu diproyeksikan dapat mengurai kemacetan lalu lintas di kawasan tersebut.

"Proyek tersebut terdiri atas pelebaran Jalan Pekayon-Jatiasih, pembangunan jalan baru Bekasi Selatan, pelebaran jembatan Perumahan Kemang Pratama, dan jaringan titik putar atau U-turn jembatan layang depan Revo Town Jalan Ahmad Yani," ungkap Sekretaris Dinas PUPR Kota Bekasi, Arif Maulana, Kamis (23/11).

Dari empat proyek tersebut, lanjutnya, tiga diantaranya sedang berjalan dan satu proyek lagi dalam tahap perencanaan.

"Proyek pelebaran Jalan Pekayon-Jatiasih mulai dari Pertigaan Pasar Rebo sampai Pekayon saat ini memasuki tahapan perencanaan," terang Arif

Menurut dia, ruas jalan tersebut akan diperlebar masing-masing 4 meter di setiap sisinya mulai dari Simpang Perumahan Century Pekayon hingga ke simpang Pasar Rebo Jatiasih.

"Saat ini kita sedang melakukan pemetaan terhadap sejumlah pertokoan dan rumah warga yang melanggar garis sempadan jalan. Kita akan tertibkan mulai 2018 untuk kepentingan pelebaran jalan," katanya.

Sebetulnya, tambah Arif, sebagian ruas Jalan Jatiasih telah  dilebarkan, yakni mulai dari kolong Flyover Jalan Tol JORR sampai pertigaan Pasar Rebo. Saat ini ruas jalan tersebut sedang dalam tahap finishing.

Sementara pengerjaan infrastruktur yang kini sedang berjalan adalah pelebaran Jembatan Perumahan Kemang Pratama sebagai koridor alternatif yang menghubungkan Jalan Pekayon-Jatiasih dengan Jalan Raya Siliwangi Kecamatan Rawalumbu.

Simpang Kemang Pratama merupakan satu dari tujuh titik kemacetan Jalan Pekayon-Jatiasih, selain simpang Perumahan Century, simpang Pondok Pekayon Indah (PPI), simpang Giant-Galaxy, simpang Grand Galaxy Park, Pasar Jatiasih dan simpang Pasar Rebo.

"Jembatan Kemang Pratama saat ini sudah memasuki tahap pemancangan pondasi perluasan jembatan. Lokasi proyek itu akan kita sterilkan dulu dari kendaraan mulai 15-27 November 2017 dengan cara penutupan.Penutupan akan kembali dilakukan pada 28-30 November 2017 untuk pemasangan gelagar," katanya.

Untuk proyek titik putar di bawah jembatan layang depan Revo Town saat ini sudah sampai pada tahap perencanaan kegiatan. Titik putar itu untuk mengurai kemacetan di sekitar Perumahan Century jelang lampu lalu lintas Ahmad Yani bagi kendaraan yang mengarah dari Pekayon menuju Gerbang tol Bekasi Barat.

"Jadi nantinya kendaraan dari Pekayon yang akan belok ke arah Rawapanjang harus ke kiri dulu mengarah ke U-turn lewat bawah jembatan layang. Sehingga penumpukan kendaraan di sekitar persimpangan Pekayon bisa terurai," katanya.

Sementara itu, pembangunan akses jalan baru Bekasi Selatan merupakan koridor alternatif bagi kemacetan lalu lintas yang selama ini menyergap pengendara di sepanjang Jalan Raya Pekayon.

"Jalan tersebut akan membentang sepanjang 4 kilometer dengan lebar jalan mencapai delapan meter mulai dari Perumahan Century hingga ke simpang Komsen Jatiasih," pungkasnya. [boy/zul]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :