HOME ยป POLITIK
POLITIK
Jum'at, 24 November 2017 , 16:41:00 WIB

Bertemu Tokoh Agama, Anies Ajak Jaga Infrastruktur Lunak Warga Jakarta

Laporan: Widodo Bogiarto





RMOL.Gubernur DKI Jakarta kembali mengundang para pemuka agama se-Jakarta yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) untuk coffee morning serta bersilaturahmi di Balaikota, Kamis (23/11) kemarin.

Dalam sambutannya, Anies menjelaskan tujuan bersilahturahmi dengan para pemuka agama, dimana dia menyinggung infrastruktur lunak yang ada di Jakarta.

"Ada banyak tantangan di Jakarta mulai dari infrastruktur padat dan juga infrastruktur lunak," kata Anies.

Jika infrastruktur padat terkait dengan pembangunan fisik mulai dari gedung, jalan, normalisasi sungai dan lain sebagainya. Namun infrastruktur lunak yang dimaksud  Anies adalah suasana warganya.

"Infrastruktur lunak ini tidak kelihatan melainkan sangat dirasakan, salah satunya adalah aspek suasana kerukunan umat beragama, mari kita jaga infrastruktur lunak ini bersama," ajak Anies.

Anies memang ingin semakin menguatkan silahturahmi bukan hanya Pemprov DKI dan para pemuka agama  melainkan juga antar pemuka agama dan para umatnya.

"Kita ingin mempererat hubungan antar umat beragama dan semua umat beragama memiliki kebebasan untuk menjalankan ibadahnya, dan atas kehadiran bapak ibu dalam silaturahmi ini saya ucapkan terima kasih," tutur Anies.

Anies juga mengatakan betapa penting kerukunan antar-umat beragama di Indonesia, khususnya di Jakarta. Dia berharap FKUB bisa menjadi wadah untuk merekatkan tali silaturahmi antar-umat beragama di Tanah Air.

"Sebenarnya bukan hanya FKUB-nya, yang penting keagamaannya di Jakarta. Sehingga masing-masing umat beragama bisa menjalankan agamanya dengan baik dan antar-umat beragama terjadi interaksi. Lalu, forum ini menjadi forum silaturahmi yang merekatkan hubungan antarumat," terang dia.

Mantan Mendikbud ini pun berjanji akan memberikan bantuan dana untuk FKUB. Tak lupa, Anies mengingatkan anggota FKUB selalu berkomunikasi dengan Pemrpov DKI bilamana ada permasalahan yang perlu didiskusikan.

"Dukungannya dalam bentuk fasilitas pendanaan. Dan saya sampaikan pada semua bila ada hal-hal yang perlu mendapat perhatian cepat, kabari, agar kita bisa segera (tangani), lalu kita bisa komunikasi," tutur Anies.

Dalam acara coffee morning ini, perwakilan seluruh agama dan kepercayaan FKUB pun turut hadir, misalnya Liliani dari Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) Jakarta. Ketua FKUB KH Ahmad Syafii Mufid juga ikut dampingi. Acara tersebut juga dihadiri Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) DKI Jakarta M Rico Sinaga.[dem]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :