HOME ยป JAKARTA
JAKARTA
Jum'at, 24 November 2017 , 20:45:00 WIB

Ombudsman: Ada Setoran PKL ke Satpol PP

Laporan: Andhika Tirta Saputra





RMOL. Ombudsman menuding Satpol PP 'bermain mata' dengan pedagang kaki lima (PKL) liar di kawasan Jakarta sehingga mereka bebas berjualan di pinggir jalan. Hal itu mengacu pada hasil monitoring yang dirilis Ombudsman RI.

Ombudsman juga memutar video rekaman hasil investigasi yang memperlihatkan oknum Satpol PP melakukan hubungan transaksional dengan PKL agar lapaknya tetap 'aman'.

Komisioner Ombudsman RI, Adrianus Meliala mengatakan, masif dan terstrukturnya dugaan maladministrasi perkara ini tercermin dalam mata rantai antara oknum Satpol PP, preman, dan PKL.

Meski tak menjabarkan secara gamblang jaringan yang dimaksud, preman disebut menjadi perantara dalam hubungan transaksional antara petugas dengan PKL untuk mengamankan lapak dagangannya.

"Jangan dibukalah (jaringan preman yang menjadi perantara antara pedagang dengan Satpol PP). Kami fokusnya pada Satpol PP agar mereka bekerja. Tapi datanya ada semua," ujar Adrianus di Jakarta, Jumat (24/11).

Mereka disebut memiliki kedekatan hingga akhrinya terus melakukan praktek '86' agar sama-sama untung.

Uang yang dikeluarkan PKL merupakan yang diberikan melalui perantara preman nilainya beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan Rupiah. [mla]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :