HOME ยป RAGAM
RAGAM
Minggu, 26 November 2017 , 18:05:00 WIB

TNI AD-AMPI Tumbuhkan Nasionalisme Generasi Millenial Lewat Game Online

Laporan: Lopi Kasim





RMOL. Untuk menumbuhkan semangat serta jiwa nasionalisme di kalangan anak muda atau generasi milenial, TNI AD berkolaborasi bersama organisasi kepemudaan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) menggelar lomba permainan di aplikasi atau game online.

Acara yang mengambil tema "Millenial's Nationalism itu berkonsep permainan mobile legend dengan kompetisi video dan komik di media sosial instragram. Acara tersebut disambut meriah para millenials. Tak kurang, 14 ribu orang menyaksikan secara live acara grand final yang mempertemukan team Saints Indo dan RRQ dilaksanakan secara head to head di Gedung AH Nasution, Markar Besar Angkatan Darat, Jalan Veteran No 5 Jakarta Pusat, Sabtu (25/11) kemarin.

"Melalui acara ini AMPI ingin mendorong pemuda untuk selalu berani melakukan perubahan-perubahan positif demi tumbuhnya rasa nasionalisme dan kecintaan pemuda terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Ketua DPP AMPI, Dito Ariotedjo, dalam sambutannya melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi, Minggu (26/11).

Menurut Dito, setiap orang apalagi anak muda memiliki cara masing-masing dalam menunjukkan semangat nasionalisme. Tidak harus dengan angkat senjata tetapi nasionalisme juga dapat tumbuh dan berkembang dari kreativitas dan pemikiran yang dituangkan ke dalam suatu karya.

"Hari ini AMPI menjawab tantangan tersebut dengan menjadi wadah anak-anak muda yang kreatif ini menyalurkan nasionalismenya dalam karya-karya kreatif mereka sebagai bagian dari bentuk visi AMPI selama ini yaitu inovasi, solusi, inspirasi," terang Dito, yang juga Ketua Umum AMPI termuda sepanjang sejarah itu.

Sementara, Waaster KSAD Brigjen TNI Dudung Abdurachman mengatakan, tujuan dari acara tersebut untuk menyamakan presepsi TNI AD dengan generasi milenial tentang isi dari pasal 27 ayat 3 UUD 1945, yakni "Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara".

"Bentuk dari pembelaan negara dapat diwujudkan dalam bentuk kreasi-kreasi dan inovasi yang dapat mendorong pengguna media sosial untuk memiliki sikap gotong-royong, kebersamaan, rela berkorban dan pantang menyerah serta mengutamakan kesatuan di atas keberagaman dan perbedaan," ujarnya.

Hasil lomba game online di partai final dimenangkan oleh tim RRQ dengan skor 2-1 dan berhak mendapatkan piala dan uang pembinaan sebesar Rp 10 juta. Untuk lomba Video Instagram dimenangkan oleh Dida Warda dengan video berjudul "Nasionalisme Generasi Muda Berkarya Untuk Bangsa". Juara kedua diraih Luky Fitriani dengan video bertajuk "Kontribusi Untuk Negeri dan juara ketiga diraih Adam Sulaiman dengan judul "Pejuang Karya".

Lomba Komik Instagram karya cipta komik terbaik dimenangkan Ilham Prayoga dengan judul "Nasionalisme Jaman Now". Posisi terbaik kedua diraih Dwiky Abdillah dengan judul komik "Semangat Nasionalisme" dan posisi ketiga diraih Gani Suryo dengan judul komik "Superhero". [mla]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :